Simak Tips Menjaga Performa Audio Car!

 

 

CompusicianNews.com – Audio Car – Audio car jadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam performa tunggangan Anda. Alunan musik yang terdengar enak tentu akan membuat Anda merasa nyaman saat berkendara. Sebaliknya, jika suara yang keluar dari audio car Anda terdengar kurang nyaman, tentu akan berpengaruh pada kenyamanan berkendara.

Beberapa masalah pada audio car yang sering ditemui adalah suara dari speaker yang ‘pecah’, head unit yang mati dan menyala atau bahkan mati total. Masalah-masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor utamanya adalah human error dan masalah teknis pada perangkat audio sehingga menjadi penyebab penurunan performa audio car Anda.

Perlu diketahui bahwa penurunan performa perangkat audio car ternyata dapat dicegah. Selain perilaku pengemudi yang bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan, perangkat audio sebagai barang elektronik tentu memiliki umur dan kualitas yang bisa membuatnya mengalami penurunan performa.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil agar kualitas audio car-nya bisa tetap terjaga, diantaranya:

Kecilkan Volume

Biasakan untuk mengecilkan volume sebelum Anda mematikan head unit. Hal ini penting sebagai langkah antisipasi. Jadi, ketika nanti Anda menyalakan audio kembali, tidak aka nada aliran listrik besar yang secara mendadak mengalir ke speaker.

Hati-hati pada Pintu

Perlu dicatat bahwa membanting pintu mobil ketika menutup harus dihindari. Pasalnya, hal tersebut dapat mengakibatkan baut yang mengunci speaker dengan door trim lama kelamaan akan menjadi longgar. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memperhatikan baut-baut yang longgar pada speaker dan mengencangkannya.

Parkirlah di Tempat Teduh

Siapa sangka lokasi parkir mobil Anda ternyata bisa mempengaruhi kualitas audio car Anda. Khususnya, jika speaker Anda menggunakan sponge berupa kertas. Pasalnya, jika sering terjemur panas matahari, umur sponge hanya berkisar 2 hingga 3 tahun. Tentunya, kualitas suara yang dikeluarkan speaker pun akan menurun.

Jaga Kebersihan Interior

Salah satu yang berpotensi mudah rusak jika tidak dijaga kebersihannya adalah power amplifier. Kotoran-kotoran yang menempel pada bagian konektor dan komponen di dalam power unit akan berpotensi menimbulkan korosi dan distorsi pada suara. Cara yang paling mudah untuk menghindari kerusakan amplifier Anda adalah dengan menjaga kebersihan karpet dan interior mobil Anda.

Manfaatkan Jasa Profesional

Terkadang, sekalipun sudah melakukan beberapa langkah antisipasi yang dipaparkan di atas tetap saja kualitas suara sistem audio car terus menurun. Inilah saat dimana Anda harus menyerahkan masalah audio car ke tangan profesioanal, misalnya instalatur audio untuk melakukan pengecekan. Biasanya, jasa pengecekan dan setting audio car mematok biaya yang beragam, mulai dari Rp 100 ribu hingga 1 juta. Hal ini tergantung pada jenis dan jumlah perangkat audio yang digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *