Soal Kasus Pelanggaran Hak Cipta, Inul Daratista Angkat Bicara

 

Compusiciannews.com – Isu Terkini – Jika selama ini Inul lebih banyak diam dan tidak mau menanggapi tuduhan pelanggaran hak cipta yang dialamatkan padanya, kemarin Selasa (18/8) Inul akhirnya menggelar konferensi pers.

Inul Daratista selaku pemilik tempat karaoke Inul Vista (PT Vizta Pratama) mengaku siap melawan PT Nagaswara yang menjadi penggugat dalam kasus ini.

“Saya pikir diam adalah emas. Tapi ternyata ini harus diluruskan agar masyarakat jelas. Yang diberitakan selama ini saya rasa tidak semuanya benar. Semua yang dituduhkan pada Inul Vizta dan Inul Daratista selama ini tidak benar,” tutur Inul.

Inul pun menjelaskan tentang bagaimana dirinya harus berjuang merintis usaha dari nol. Kurang lebih selama 10 tahun ia mengaku membangun usaha itu dengan tetat menaati undang-undang.

“Saya membangun Inul Vizta selama 10 tahun dengan perjuangan. Saya juga berusaha menaati semua undang-undang yang ada. Semua sudah saya lakukan dengan baik. Sekarang ada tuntutan yang sepertinya salah arah,” jelasnya lagi.

Dalam konferensi kali itu, Inul bersama kuasa hukumnya Otto Hasibuan menunjukkan bukti kuat bahwa dirinya telah membayar royalti pada pihak Nagaswara melalui Lembaga Manajemen Kolektif seperti YKCI (Yayasan Karya Cipta Indonesia) dan WAMI (Wahana Musik Indonesia).

“Adanya kasus ini saya maklumi karena kenyataannya banyak pihka yang memang tidak memahami UU Hak Cipta. Apalagi dengan adanya UU baru, banyak yang semakin tidak jelas. Inul sudah membayarkan kewajibannya pada Lembaga Manajemen Kolektif, sehingga kita nggak perlu repot-repot membayar ke penciptanya,” papar Otto.

“Konsep UU baru ya seperti ini. Sepanjang pencipta lagu dan pihak label sudah menjadi anggota YKCI atau WAMI, Inul bebas memakai lagu-lagunya,” tambah Otto menjelaskan.

Pihak Nagaswara sebelumnya sudah mengajukan gugatan pada PT Vizta Pratama (Inul Vizta) atas kasus pelanggaran hak cipta. Nagaswara menganggap Inul tidak pernah meminta izin untuk menayangkan video klip milik artis-artisnya.

Kasus pelanggaran hak cipta antara Inul dan Nagaswara ini telah bergulir di Pengadilan Negeri Jakarta Utara dengan terdakwa Kim Sung Ku (pemilik Inul Vizta). Perkara ini akan dilanjutkan di PN Utara dengan agenda menghadirkan saksi dari pihak Nagaswara, salah satunya adalah pedangdut Siti Badriah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *