Soekamti Karoke, Inovasi Musik Digital Endank Soekamti

 

Compusiciannews.com -Komunitas- Gepuran musik digital di Indonesia sekarang sudah semakin semarak. Selain semakin banyaknya platform musik streaming seperti Guvera, Soundcloud, atau Spotify yang baru saja masuk di Indonesia, sekarang para musisi juga sudah semakin melek dengan teknologi dan mulai berani memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan kegiatan mereka dalam bermusik.

Salah satu musisi yang sangat intens mengembangkan karya mereka dalam platform digital adalah band pop punk asal Jogja, Endank Soekami. Sejak keluar dari major label yang pernah menanungi mereka, akhirnya mereka semakin menggila dalam berkarya.

Bisa dilihat bagaimana mereka membangun record label sendiri bernama Euforia Record untuk menangani produksi musik Endank Soekamti. Berawal dari situ akhirnya mereka mulai merambah berbagai unit lain seperti Euforia Audio Visual, PH yang mengurusi berbagai pembuatan video (Bisa dilihat di chanel YouTube Endank Seokamti yang sangat intense berbagai video). Kemudian mereka juga mengembangkan Euforia Digital yang berfungsi untuk mendistribusikan setiap karya mereka secara digital. Ada juga Euforia Pustaka yang menangani penerbitan karya pustaka seperti buku dan komik yang Endank Soekamti kembangkan.

Selain berbagai unit usaha yang mereka kembangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam mereka berkarya, mereka juga terus berinovasi dalam dunia digital. Selain secara serius mengembangkan YouTube chanel, mereka juga mengembangkan sesuatu yang dinamakan Soekamti Karoke.

Melalui Soekamti Karaoke para Kamtis Family (sebutan penggemar Endank Soekamti) diberi kesempatan untuk menggubah lagu-lagu Endank Soekamti sesuai dengan kreativitas mereka masing-masing. Kamtis Family dapat mengubah bagian vokal, gitar, bass, maupun drum di lagu-lagu dari album terbaru mereka,Soekamti Day, dengan versi mereka masing-masing. Di platform ini Endank Soekamti membagikan musik mentah mereka secara terbuka. Jadi yang ingin berkreasi menggubah musik dari Endank Seokamti ini bisa mendownload file open source yang mereka berikan. Ada minus one vokal, gitar, bass dan drum, dan dari situ para Kamtis bisa bereksplorasi dengan kreativitas mereka masing-masing.

Konsep Soekamti Karaoke ini ternyata diadaptasi oleh Endank Soekamti dari konsep open source yang diusung oleh Blender Foundation, sebuah organisasi non-profit yang menyebar datasoftware animasi 3D secara gratis, untuk dikembangkan, direkayasa, dan disebarkan secara terbuka pada siapa saja.

”Setiap bulan, satu lagu dari album Soekamti Day ini datanya akan di-shareke publik secara lengkap dan terbuka di situs www.soekamtikaraoke.com,” jelas Erik Soekamti sang vokalis dan pemain bass.

“Nanti tiap bulan karya-karya yang masuk akan dikurasi untuk melihat siapa-siapa yang berbakat dan bisa diberdayakan lagi. Jadi semangat dari komunitas, dikembalikan lagi ke komunitas,” Erix menambahkan.

Setiap lagu Soekamti Day yang telah digubah ulang lewat Soekamti Karaoke kemudian diunggah kembali di YouTube dengan menyertakan tagar #Soekamtikaraoke. Sudah ada banyak versi yang dihasilkan dari Soekamti Karaoke ini, kalian bisa melihatnya di YouTube dengan menuliskan tagar #Soekamtikaraoke.

Inovasi yang dihasilkan oleh Endank Soekamti ini semakin menegaskan bahwa para musisi Indonesia harus bisa memanfaatkan platform digital untuk berkarya dan terus berinovasi dalam karya mereka.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *