Streaming Jadi Sumber Terbesar dalam Penerimaan Industi Musik

 

Compusiciannews.com -Industri- Pada tanggal 6 Mei 2016 lalu, Warner Music Group telah merilis laporan pertumbuhan penerimaan digital double-nya untuk kwarter kedua ini. Penerimaan perusahaan ini secara besar meningkat naik 10% hingga 13% dimana totalnya berkisar US$ 745 Juta.

Perusahaan yang merupakan perusahaan musik terbesar ketiga ini megaku bahwa pertumbuhan ini didukung oleh layanan streaming. Dalam pernyataan tertulis, sang CEO Stephen Cooper berkata:

“Kita sekarang adalah peruhshaan musik besar pertama yang melaporkan bahwa streaming adalah sumber terbesar dari penerimaan perusahaan di sepanjang catatan sejarah bisnis musik dengan melewati penerimaan biasa kami dari penjualan fisik. Ini adalah loncatan terbaru yang muncuk selama 4 kwarter setelah penerimaan streaming kami melampaui penerimaan unduh.”

Cooper juga menambahkan bahwa penerimaan streaming perusahaan pada musik rekaman naik secara signifikan sebesar 58% dalam 1 kwarter. Bulan lalu, RIAA mengumumkan bahwa untuk pertama kalinya, streaming mencakup komponen terbesar dari penerimaan industri musik Amerika Serikat di tahun 2015, dengan menandai loncatan besar untuk format streaming dan sekarang untuk streaming mencakup 34,3% dari penerimaan keseluruhan.

Namun apakah streaming menyelamatkan bisnis rekaman lebih luas? Streaming tentunya menambah jumlah penerimaan untuk industri musik, dan nosi itu membawa pertumbuhan industy seperti yang diproklamirkan oleh Daniel Ek, CEO Spotify “Sekarang ahirnya setelah tahun demi tahun mengalami kemerosotan, musik dapat bertumbuh lagi dan streaming adalah faktor dibelakangnya.”

Hal ini sulit untuk diabaikan saat banyak persuahaan dalam industri musik saat ini melaporkan pertumbuhan dalam streaming dan peningkatan penerimaan sebagai hasil nyata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *