Studi Analisa Instrumen Violin Oleh MIT

 

Compusiciannews.com -Sains- Tim akustikan MIT dan ahli dinamis fluid telah bekerja sama dengan pembuat violin Boston yang dengan cermat menganalisa ratusan instrumen dari periode Cremonese yang dianggap jaman emas dalam pembuatan violin. Penemuan ini tidak hanya menguak fitur desain kunci, tapi juga apakah pengembangan instrumen itu merupakan hasil perundingan atau hanya sesederhananya produk dari kesalahan manusia.

Studi ini berfokus pada violin dari premier seminar Italia Amati, Stradivari dan Guarneri, dengan tim yang menganalisa ukuran instrumen dari abad 17-18. Mereka menggunakan sinar X dan pemindai CAT seperti pada teknik gambar yang diperoleh dari museum, kolektor dan database, dengan membandingkan dimensi dan ukuran resonansi akustik.

Studi ini mengidentifikasi bentuk dan panjang lubang –f pada violin, pembukaan berkontur melalui lubang udara sebagai fitur kunci yang mempengaruhi daya atau kelengkapan suara yang dihasilkan . secara spesifik, ditemukan bahwa kebanyakan suara yang dihasilkan mengalir melalui perimeter lubang dibanding interiornya, yang berarti semakin panjang lubang suara, semakin kuat pula suara violin yang dihasilkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam kata lain, perubahan desain violin dalam abad ke 17-18 dapat memungkinkan terkait dengan hasil karya violin yang eror dan terus terulang. Namun, bukan berarti para pengrajin tidak mendengarkan hasil karya violin yang dibuat.  

Peneliti juga menguak rahasia mengenai perkembangan instrumen, dengan menemukan piringan tebal dan lubang –f yang semakin panjang seiring berjalannya waktu. Tim ini memasukan ukuran yang terekam kedalam model evolusioner, hasilnya menunjukan perubahan mejadi salah satu mutasi alami dibanding deliberasi.

“Orang harus mendengarkan dan harus memilih hal-hal yang lebih efisien dan membuat pilihan yang bagus dari apa yang instrumen replikasikan,” kata Nicholas Makris, seorang profesoor mekanik dan teknisi di MIT.

Studi yang dipimpin oleh Prof. Makris merupakan bagian bentuk dari pengujian tambahan dari dinamik akustik dari instrumen dawai. Tim ini percaya bahwa hasilnya berguna untuk pembuat violin modern yang sedang mencari instrumen desain yang mampu menghasilkan suara yang luar biasa dan lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *