Tanggapi Surat Terbuka Swift, Apple Berikan Tawaran Baru Kepada Pelaku Industri Musik

 

Compusiciannews.com -Isu Terkini- Setelah dikirimi sebuah surat terbuka oleh Taylor Swift, akhirnya Apple mengubah keputusannya. Pada Minggu (21/06) waktu setempat, Vice-President Apple Eddy Cue merespon pada surat terbuka oleh Swift yang dipublikasikan lewat aku Tumblr milik sang penyanyi pada Minggu pagi-nya dengan meyatakan bahwa Apple saat ini merencanakan untuk membayar Artis untuk lagu yang distreamingkan selama masa 3 bulan Free Trial dari Apple Music. Layanan streaming premium ini secara resmi akan diluncurkan pada 30 Juni mendatang.

Sebelumnya, para artis Indie juga telah mengeluhkan mengenai keputusan Apple tidak memberikan royalti selama 3 bulan masa trial. Perusahaan saat ini menawarkan pembayaran yang lebih tinggi dibanding lawannya Spotify setelah penawaran 3 bulan masa trial gratis itu berakhir, namun keputusan itu masih belum cukup untuk Taylor Swift yang telah mengatakan bahwa strategi Apple ini ‘mengejutkan’ dan ‘mengecewakan.’

“This is not about me,” Begitu tulis Swift di akun Tumblr-nya menjelaskan mengapa dia menarik semua  rilisan musik terbarunya dalam album ‘1989,’ dari layanan musik baru Apple Music. “Thankfully I am on my fifth album and can support myself, my band, crew, and entire management team by playing live shows. This is about the new artist or band that has just released their first single and will not be paid for its success.” “Three months is a long time to go unpaid, and it is unfair to ask anyone to work for nothing.”

Apple sepertinya mendengarkan pesan itu cukup jelas menurut Eddy Cue dan memungkinkan bahwa Apple akan menawarkan penjelasan yang lebih lengkap terkait dengan surat terbuka ini dan melalui akun Twitter-nya dia menjelaskan lebih lagi bahwa para artis dan tim-nya akan tetap memperoleh royalti bahkan selama masa free trial pengguna baru.

#AppleMusic will pay artist for streaming, even during customer’s free trial period

— Eddy Cue (@cue) June 22, 2015

 

Responnya melalui Twitter ini langsung di-retweet oleh sang mega bintang dan sepertinya ada persetujuan dari kedua belah pihak karena terlhat Swift membalas Tweet dari Edd Cue dengan berkata

I am elated and relieved. Thank you for your words of support today. They listened to us.

— Taylor Swift (@taylorswift13) June 22, 2015

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *