Teknik Bassline Pattern “Classic Deep House” Dalam Musik Deep-House

 

Compusiciannews.com -Instrument- Tutorial seri ini akan memberikan 7 pola bassline, progress, teknik yang umum digunakandalam musik deep-house. Pada artikel ini akan memberikan teknik yang disebut “Classic Deep House”.

Dalam tutorial kali ini akan digunakan software Ableton Live 9 sebagai worksation, anda juga dapat menggunakan software DAW lainnya. Sound yang digunakan dalam tutorial ini kebanyakan berasal dari VSTs Massive dan Sylenth1. Dalam tutorial ini anda tidak akan hanya belajar pola bassline tetapi juga belajar membuat sebuah sequence midi.

Classic Deep House Pattern

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh diatas menggunakan tempo 123 BPM dan nada dasar F# minor. Pola bassline seperti ini adalah yang paling umum dalam musik deep house, begitujuga dengan progress nada-nadanya.

1. Buatlah 1 bar panjang dengan isi 5 nada F#.

Yang menghasilkan sound seperti berikut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Sekarang duplikat bar yang telah anda buat tadi sebanyak 4 kali sehingga sekarang anda mempunyai 4 bar. Pada bar kedua naikanlah semua nada dari F# ke nada B. Dan pada bar ketiga nada F dinaikan ke nada D. Dan bar terakhir anda turunkan ke nada E.

dan sound akan mberubah menjadi seperti ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Sekarang kita mempunyai progressi nada pada 4 bar, langkah selanjutnya yaitu kita akan menambahkan nada sebagai transisi dari setiap bar agar transisi nada terdenganr lebih halus. Ikutilah gambar dibawah ini.

Sehingga hasil akhirnya akan menjadi seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *