The Initiative, Label Buatan YouTube yang Siap Bersaing di Industri Musik

 

Compusiciannews.com – Isu Terkini – Sukses sebagai penyedia layanan streaming musik, kini YouTube siap terlibat lebih jauh dalam industri musik. Melalui sebuah proyek yang diberi nama, The Initiative, YouTube akan menjadikan kompetisi di antara label-label musik semakin ketat.

The Initiative adalah sebuah proyek yang ditujukan untuk mewadahi para artis dan musisi. Layaknya sebua label musik, YouTube juga menyediakan jasa marketing bagi masing-masing artis yang mempercayakan proyek single atau album mereka pada YouTube.

Dengan sistem bagi hasil, karya para musisi tentunya menjadi lebih mudah sampai pada para penggemar. Selain itu, tentu saja YouTube mempertahankan layanan streaming yang menjadi andalan mereka. Data dari para artis dan musisi akan dibagikan pada para penggemar melalui layanan streaming sehingga lebih banyak “pasar” yang bisa dijangkau.

Ada pula keterlibatan Google dengan Google Global Video yang membantu para artis dan musisi menemukan para penggemarnya. Nantinya, Google Global Video akan melacak lokasi penggemar dengan genre-genre tertentu. Data tersebut akan diinfokan para musisi sehingga memudahkan mereka dalam mendistribusikan karyanya.

Proyek garapan YouTube ini digadang-gadang akan membuat label-label lain goyah. Pasalnya, tidak banyak label lain yang punya startegi marketing dan data analisis seperti apa yang akan dihadirkan oleh YouTube.

Untuk langkah awal, YouTube for Artists diperkirakan akan diperkenalkan untuk pertama kalinya di pada Midem, sebuah festival musik dan konferensi di Perancis. Event ini kabarnya akan dihadiri beberapa petinggi label musik dunia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *