Tidal, Layanan Musik Baru Dengan Kualitas Suara Tinggi

 

CompusicianNews.com –Distribusi- Keinginan konsumen untuk kualitas audio yang tinggi diuji lebih lanjut dengan Tidal, layanan musik streaming dari perusahaan Skandinavia, Aspiro yang diluncurkan hari Selasa (28/10) lalu du Amerika Serikat dan Inggris Raya.

Format dan kualitas audionya membuat Tidal menonjol dari kompetitornya seperti Spotify dan Beats Music. Layanan ini memiliki lebih dari 25 juta audio track dan 75,000 video musik dalam format FLAC dan format ALAC yang memberikan suara yang lebih baik dibanding kompresi “lossy” seperti MP3 dan AAC. Layanan ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android, web browser dan music player untuk jaringan musik rumah. Layanan subskrpsi  yang bebas iklan dikenakan biaya sebesar US$19.99.

Tidal adalah versi yang diperlengkapi dari layanan musik streaming Scandinavia, WiMP HiFi, layanan streaming berkualitas tinggi dari Musik Aspiro. Hampir tidak dikenal oleh masyarat diluar Amerika Serikat dan Inggris Raya., Aspiro ini tumbuh baik dengan pelanggan sebanyak 580.000 untuk pengguna WiMP dan 17.000 untuk pengguna WiMP HiFi pada akhir Juni lalu.

Aspiro berharap kemitraan audio tetapnya dengan Sonos, Denon HEOS, Harman Omni dan masih bayak lagi lainnya, akan menjangkai jutaan kostumer baru yang berpotensi dalam 50 lebih pasar yang terkover dalam persetujuan lisensi Tidalnya.

Tidal bukanlah layanan streaing berkualitas tinggi pertama di Amerika Serikat. Deezer Elite yang diluncurkan bulan September lalu juga menawarkan streaming ’lossless’ pada harga Premium. Namun saat itu streaming dengan kualitas audio tinggi masih jarang. Kebanyakan musik streaming hanya berukuran setingginya 320kbps dan selalu distreamingkan dengan kualitas rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *