Tips Meningkatkan Kualitas Suara Saat Konser

 

CompusicianNews.com – Panggung – Memproses atau mengatur suara saat saat konser sungguh berbeda dengan mengatur suara saat proses rekaman.

Saat anda merekam suatu musik, anda punya kesempatan untuk memanipulasi dan membersihkan suara yang kurang jelas atau kualitasnya rendah.

Penampilan live atau konser tidak akan sempat untuk mengedit suara dan menghasilkan suara yang luar biasa dengan nada yang hebat pada kualitas suaranya.konser ini diperlukan seorang ahli suara di bidang musik untuk membuat suatu penyesuaian di setiap venue yang berbeda dan mengkordinasi suara dari instrumen yang berbeda.

Untuk musisi yang ingin meningkatkan penampilan mereka saat konser, berikut ini 3 tips yang bisa anda pelajari untuk kualitas suara yang lebih baik saat konser;

1. Volume instrumen yang relative.

Salah satu aspek yang paling dasar dari kualitas pertunjukan konser adalah volume instrumen yang relatif. Pastikan tidak ada satu instrumen pun yang menjadi ‘mayoritas’ untuk unsur-unsur yang ada di instrumen lain dalam satu band itu karena itu yang menjadi kunci memperoleh suara yang menyatu dan harmoni.

2. Memposisikan Mikrofon

Cara pegang yang vokalis gunakan untuk mengatur mikrofon di panggung dapat berdampak secara besar pada suara yang dihasilkan.

Satu kesalahan yang vokalis lakukan kebanyakan adalah mencekik, atau memposisikan tangan mereka terlalu jauh dari mikrofon. Jika tangan anda menutup mikrofon akan berdampak pada sistem feedbacknya yang menjadikannya sulit bagi teknisi suara untuk mengatur volume.

Secara esensial, hal ini dapat membuat mikrofon anda berbunyi melengking dan tidak harmony, atau membuat ada terdengar seperti meredam

Secara tak sengaja mengarahkan mikrofon ke monitor adalah sumber lain akan feedback yang tidak diinginkan. Hindarkan mikrofon dari monitor atau anda akan membisingkan audiens anda dengan feedback.

3. Equalisasi

Cara anda menyesuaikan level perlengkapan anda akan bergantung pada ukuran venue itu sendiri.

Khususnya, perhatikan bass selama pengecekan. Jika ruang dimana anda akan tampil menelan suara bass, maka anda perlu menaikan volume amplifier sedikit saja. Hal lainnya, ruangan dengan bass yang keras memerlukan anda untuk menurunkan volume amplifier hingga suaranya jernih.

Proses ini sama halnya saat menyesuaikan treble, pitch vocal dan drum serta mengurangi feedback mikrofon. Proses ini dapat dipermudah dengan menggunakan equalizer untuk menemukan level yang layak dari pengaturan penampilan anda dalam memperoleh suara yang konsisten tanpa memandang ukuran dan bentuk venue.

Proses ini bisa sulit untuk menghasilkan suara yang jelas dan berkualitas. Untuk musisi yang ingin meng-improve suara mereka, tips ini dapat membantu pertunjukan konser anda lebih baik. Jika anda ingin penggemar anda yang akan menonton konser anda dipuaskan dengan kualitas suara konser anda, ikutilah tips ini sehingga konser anda akan selalu teringat dengan baik di benak para penggemar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *