Total Penjualan Musik Digital di Dunia 59 Triliun Rupiah

 

CompusicianNews.com -Industri- Dalam 10 tahun terakhir, penjualan musuk digital diseluruh dunia sudah meningkat 15 kali lipat. Tahun 2004 total penjualan musik digital baru mencapai 4 triliun rupiah, di akhir 2013 angka yang dicatat oleh International Federation of the Phonographic Industry (IPFI) mencapai 59 Triliun.  

Pelonjakan angka yang fantastis ini memperlihatkan bahwa industri musik digital tidak akan menjadi surut.  Ke depan industri ini akan terus menjadi primadona dalam dunia digital.  Bisnis recording sendiri terus menurun dengan lahirnya gelombang indie melalui mobile recording, tapi industrinya berbanding terbalik dengan itu.

Dari infografik yang di perlihatkan Statista dan Mashable terlihat bahwa 4 kanal pendistribusian musik digital yaitu download, langganan (subscribe), streaming, lain-lain.  Dari keempat kanal tersebut download masih menjadi penyumbang reveneu yang terbesar.  Biarpun demikian, langganan masih menduduki nomer ke-2 streaming terus beranjak naik.

Angka-angka ini memperlihatkan bahwa telah tiba era Musik 4.0 seperti yang diprediksi oleh Bobby Owinski di bukunya terbaru Music 4.0: A Survival Guide for Making Music in the Internet Age (Music Pro Guides).   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *