Tragedi Bom di 2 Negara, Para Publik Figur Indonesia Bereaksi di Akun Instagram

 

Compusiciannews.com -Sosial Budaya- Moment Hari Raya Idul Fitri merupakan saat-saat yang ditunggu-tunggu oleh  para umat Muslim di seluruh dunia dimana mereka telah sebulan menjalankan ibadah puasa, menahan segala hawa nafsu duniawi, namun di penghunjung Ramadan pada hari Selasa (05/07) lalu, dua ledakan bom terjadi di 2 kota dan 2 negara yang berbeda.

3 kota di Arab Saudi, salah satunya di Madina yang menjadi kota suci bagi umat Muslim diserang bom bunuh diri oleh kelompok yang diduga adalah kelompok radikal internasional dimana serangan terjadi di area Mesjid Nabawi. Insiden ini memakan 6 korban jiwa yang terdiri dari 4 polisi dan 2 warga sipil.

Di hari yang sama pula, di Surakarta pada pukul 7.30 WIB, terjadi serangan bom bunuh diri yang tepatnya di Mapolresta Surakarta, namun dalam inisiden ini hanya memakan 1 korban dan itupun pelaku dari serangan bom bunuh diri itu dan melukai 1 polisi yang saat itu sedang berjaga di pos depan Mapolresta

Menanggapi tragedy bom ini, beberapa public figur menunjukan rasa keprihatinannya, salah satunya adalah Andhien Aisyah yang mengunggah foto kota Madinah yang diselubungi asap tebal di akun Instagram-nya. Dalam fotonya itu dia menuliskan caption “Yaa Allah, where all the hearts gone? I miss the clear sky of Medina with its serene ambiance,” tulis Andien yang juga menyertakan tagar #PRAYFORMADINAH dan #PRAYFORMEDINA. 

Sama halnya yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dalam menanggapi 2 insiden bom ini. Dalam konferensi persnya pada hari Selasa (05/07) di Padang, Sumatra Barat,  Presiden Joko Widodo yang juga merupakan putra asli Solo ini memberi instruksi tegas untuk mengusut tuntas pelaku dibalik tragedy serangan bom bunuh diri di Solo itu dan dia juga mengecam tindakan serangan bunuh diri di 3 kota di Arab Saudi. Dalam pernyataannya, Presiden Joko Widodo, beliau menyampaikan yang juga diunggah di akun instagram-nya bahwa aksi terror dimanapun dan atas nama apapun tidak dibenarkan.

Rangkaian insiden bom ini juga sebelumnya terjadi di beberapa kota di negara-negara timur tengah, seperti di Instambul, Turki, Dhaka, Bangladesh, dan Baghdad, Irak dan kesemuanya itu diduga dilakukan oleh kelompok radikal internasional, seperti salah satunya adalah ISIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *