Turntable LOVE Mampu Memutar Vinyl Dengan Smartphone

 

Compusiciannews.com – Gadget – Maraknya situs streaming musik yang mendominasi industri musik ternyata tidak memusnahkan kecintaan orang terhadap musik di piringan hitam atau vinyl. Terbukti dari terus berkembangnya teknologi turntable. Turntable merupakan alat untuk memutar Piringan Hitam atau vinyl, biasanya berbentuk kotak yang dibagian atasnya terdapat sebuah piringan yang berputar. Turntable tidak hanya digunakan oleh pecinta musik vinyl, namun para DJ pun memerlukan turntable untuk melengkapi tampilan mereka.

Perkembangan penikmat vinyl yang sangat tinggi sekarang ini memicu beberapa brand untuk menciptakan playernya dengan berbagai fitur dan karakter. Mulai dari yang portable hingga yang memerlukan perawatan khusus. Transrotor Artus, turntable yang didesain dengan gaya futuristik ini memiliki berat keseluruhan sebesar 220kg. Selain berat secara fisik, Transrotor Artus ini juga berat di harga dan menjadi turntable termahal di dunia. Turntable Rega Acos Planet memiliki desain yang minimalis. Ada lagi turntable Flexson Vinylplay yang sudah memiliki fitur built-in DAC dan USB port.

Hal ini menjadikan pengguna bisa mendapatkan fitur built-in phono amp. Dan yang paling baru, turntable yang dikembangkan dengan bantuan maestro design asal Swiss Yves Béhar, akan meluncurkan turntable yang mampu memutar vinyl dengan menggunakan Smartphone. Digadang-gadang sebagai “Intelligent Turntable”, turntable yang diberi nama LOVE ini memiliki desain yang tidak umum. Terbagi menjadi dua komponen saja, satu merupakan plat dasar untuk menempatkan vinyl, dan lainnya adalah sebuah tonearm yang berbentuk mirip remote control.

Dengan design yang simple, LOVE tidak memiliki speaker bawaan, Anda harus menyambungkannya ke speaker atau headphone melalui Bluetooth, Wi-Fi atau kabel 3,5 mm maupun RCA. Konektivitas wireless ini juga berperan sebagai jembatan antara Love dan smartphone sehingga dapat memberikan pengalaman memutar lagu secara modern seperti play/pause, skip track, kontrol volume serta untuk menampilkan album art di layar ponsel. LOVE akan terlebih dulu memindai vinyl guna mengekstrak informasi album beserta seluruh track di dalamnya. Sehingga jika misalnya Anda ingin mendengarkan lagu pada track ketiga, dengan mudah bisa menekan bagian atas LOVE tiga kali atau jika ingin memutar lagu kelima di side yang lain, Anda bisa menekan tombol bawah sebanyak lima kali.

Tidak seperti turntable biasa, di sini yang akan berputar saat musik mengalun bukanlah piringan hitamnya, melainkan LOVE itu sendiri yang menumpu di atas stylus. LOVE sudah dilengkapi dengan baterai lithium tahan lama yang dapat diisi ulang dengan kabel USB. Baterai tersebut memungkinkan Anda untuk mendengarkan lebih dari 15 sisi lengkap dari 12” rekaman LP dan memakan waktu sekitar 1,5 jam untuk mengisi ulangnya. Perangkat ini rencananya akan dipasarkan melalui situs crowdfunding Kickstarter. Sayangnya sejauh ini belum ada informasi terkait banderol harganya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *