Virtual Instrument Piano, Tempo, Meter dan Key Signature Track Pro Tools SE

 

CompusicianNews.com -DAW- Di tulisan saya sebelumnya sudah dijelas bagaimana cara untuk membuat New Sesion dalam Pro Tools SE. Saat ini kita akan melanjutkan apa yang sudah kita bahas ditulisan yang sebelumnya. Kali ini kita akan membahas bagaimana membuat Virtual Instrument Piano, mengatur tempo, mengatur meter dan key signature.

  1. Virtual Instrument Piano

Sebelum kita bahas untuk membuat Virtual Instrument Piano, terlebih dahulu saya akan sedikit mengenalkan jendela kerja didalam Pro Tools SE ini. Begitu kita membuka New Session pada Pro Tools SE, maka disini akan terdapat 4 track yang sudah tersedia didalamnya. Ke-4 track tersebut adalah track Instrument 1, stereo loop, audio dan master.

 gbr. 1 jendela kerja pro tools SE

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr 1. Jendela Kerja Pro Tools SE

Didalam setiap track tersebut kita dapat memasukan komposisi sesuai dengan alat musiknya. Misalkan disini ada instrument 1 dan disini kita akan isi dengan instrument grand piano. Caranya dengan klik dua kali pada segitiga disamping tulisan grand piano, maka disini akan muncul sekitar 100 sound yang sudah disediakan oleh software ini. Disini kita akan pilih keyboard dan kemudian grand piano.

gbr. 2 choose instrument

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr 2. Choose Instrument

 Untuk mulai mengaktifkan track dan sound yang sudah kita pilih, kita tinggal mengaktifkan tanda recording pada track Instrument 1 ini. Dan kita dapat mendengarkan hasil dari sound grand piano dengan menggunakan keyboard controller yang sudah dikoneksikan dengan software ini.

gbr. 3 tombol record

 

 

 

 

 

 

 

Gbr 3. Tombol Record

  1. Tempo

Untuk memulai proses rekaman/recording, maka kita akan menentukan kecepatan/tempo dari aransement music yang akan kita buat. Kita lihat disini ada pilihan tempo, untuk mengaturnya kita klik tombol plus disini.

gbr. 4 tempo

 

 

Gbr 4. Tempo

Maka disini kita tinggal masukkan saja angkanya, disini ada satuannya BPM yaitu Beat Per Minute. Misalkan disini kita tulis untuk temponya 110BPM, tempo ini berdasarkan aransement music yang akan kita buat.

gbr. change tempo

 

 

 

 

 

Gbr 5. Change Tempo

Kemudian kita akan pilih ok. Untuk mengeceknya kita bisa memutar track ini, dengan mengaktifkan logo metronome yang ada pada jendela transpot. Metronome ini akan secara otomatis masuk kedalam klik track.

gbr. 6 metronome

 

 

 

Gbr 6 metronome   

  1. Meter

Kemudian disini kita juga terdapat menu Meter, yaitu birama yang akan kita gunakan dalam membuat aransement music ini.

gbr. 7 meter

 

 

Gbr 7. Meter

Misalkan kita akan buat birama ¾ maka kita tinggal klik pada tombol plus pada menu meter dan kemudian kita ganti pada number of beat per messure nya menjadi 3. Kembali kali ini untuk mengeceknya kita tinggal play track tersebut.

gbr. 8 change meter

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr 8. Change Meter

  1. Key Signature Track

Yang selanjutnya adalah untuk mengatur Key Signature atau nada dasar dari aransement yang akan kita gunakan.

gbr. 9 keysignature

 

 

 

 

Gbr 9. Keysignature

Untuk mengaturnya kita pilih pada menu key signature, kemudian kembali lagi kita klik pada tombol plus dan kita atur nada dasarnya disini.

gbr. 10 change keysignature

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gbr 10. Change Keysignature

Untuk proses yang selanjutnya adalah kita me-rename track yang sudah kita buat. Kita akan memberi nama track sesai dengan instrument yang sudah kita masukkan kedalam track tersebut. Kita klik pada Instrument 1 kemudian kita akan ganti namanya denga track Grand Piano. Kemudian klik ok.

gbr. 11 rename track

 

 

 

 

gbr 11. Rename Track

Oke sebelum kita memulai proses recordingnya saat ini, kita akan membuat countdown/ hitungan mundur sebelum kita memulai merekam. Caranya yaitu melalui Option dan kemudian aktifkan countoff nya.

gbr. 12 countoff

 

 

 

Gbr 12. Countoff

Dan dari sini kita siap untuk memulai membuat sebuah aransement. Dengan cara menekan tombol record kemudian tekan juga tombol play.

gbr. 13 proses recording

 

 

 

 

 

 

 

gbr 13. Proses Recording

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *