Vokalis The Offspring, Dexter Holland, Raih Gelar Ph.D.

 

Compusiciannews.com – Kabar Selebriti – Setelah lama tak terdengar di Grup Band legendaris The Offsppring, Dexter Holland muncul dengan gelar Ph.D. Ternyata, ia beberapa tahun memutuskan untuk vakum dari dunia musik untuk menyelesaikan studi yang sempat tertunda karena ia memilih untuk berkarir di koridor musik.

Belum lama ini, yaitu pada 11 Mei 2017, frontman dari band The Offspring ini mendapatkan gelar Ph.D. dalam bidang biologi molekuler. Pencapaian membanggakan tersebut ia dapatkan setelah lulus dari University of Southern pada hari Kamis lalu. Ia menjelaskan bahwa penelitian yang mengantarkannya mencapai gelar tersebut adalah mengenai Human Immunodeficiency Virus (HIV), yang kita kenal sebagai HIV. Virus ini merupakan penyebab penyakit mematikan yakni Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Adapun yang tema yang ia angkat dalam penelitiannya tersebut adalah molekul dinamis  yang terkandung dalam virus mematikan tersebut.

Ia mengaku sangat tertarik pada ilmu yang mempelajari tentang virus atau biasa disebut dengan virologi. Alasannya untuk menekuni bidang ini ternyata sangat mulia, yakni ingin berkontribusi dalam pengetahuan tentang penyebab penyakit mengerikan itu. Penyakit yang menyerang sistem ketahanan tubuh ini masih menjadi sebuah fenomena yang menggemparkan di seluruh dunia. Kepada media, Dexter menginformasikan bahwa tidak kurang dari tiga puluh lima juta orang di dunia telah terinfeksi oleh HIV dan terpaksa hidup dengan membawa virus tersebut dalam tubuhnya. Terlebih lagi, virus ini telah merenggut nyawa dengan jumla yang tidak sedikit, yakni lebih dari satu juta jiwa per tahunnya.

Dexter juga menjelaskan lebih jauh mengenai penelitiannya itu. Pria yang terkenal dengan rambut spiky-nya itu menegaskan bahwa yang ia teliti bukanlah cara untuk memerangi HIV maupun AIDS. Akan tetapi, ia menambahkan informasi luas mengenai data molekuler yang ia yakin akan bermanfaat untuk membantu dalam penemuan metode pengobatan yang tepat di kemudian hari, mungkin tiga puluh tahun ke depan. Namun ia menyatakan bahwa dirinya akan tetap melakukan penelitian, dan percaya bahwa alam waktu beberapa tahun lagi, makalah penelitian mengenai hal ini akan dipublikasikan di banyak tempat.

Usut punya usut, ternyata Dexter Holland sebenarnya telah mengambil program setara S3 itu sejak awal ia membentuk grup musik The Offspring. Kepada Roling Stone, ia bercerita bahwa ia menangguhkan keputusannya untuk mengenyam jenjang pendidikannya itu karena jadwal bandnya yang sibuk, apalagi setelah ia merilis album SMASH pada 1994 silam. Ibunya pun sempat marah karena menentang pilihannya ini , dan Professornya pun menganggap ia telah melakukan kesalahan yang besar. Tapi Dexter punya jalan pemikiran sendiri dan memilih untuk tidak ambil pusing dengan anggapan mereka. Ia percaya bahwa ia dapat menghasilkan sesuatu dari band tersebut dan kini pun sudah dapat dilihat hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *