Wow, Alat Musik Unik dari Berbagai Belahan Dunia Nih!

 

Compusiciannews.com – Artistik – Alat musik adalah instrumen yang dibuat untuk menghasilkan musik dengan alunan nada yang indah. Selama ini kita mengenal berbagai alat musik seperti gitar, piano, drum, keyboard, dan lainnya. Namun ternyata selain alat musik itu, ada banyak alat musik antimainstream yang unik dan kreatif, berikut diantaranya.

Great Stalacpipe Organ

Alat musik ini berada di dalam gua di Virginia Luray Caverns, Amerika Serikat. Meskipun nampak seperti organ biasa, namun instrumen ini terhubung ke 37 stalaktit yang berbeda yang tersebar di lebih dari 3,5 hektar gua. Musik yang dihasilkan oleh instrumen ini yakni dengan dentuman palu karet ke stalaktit yang di kendalikan oleh keyboard.

Wintergatan Marble Machine

Alat yang menghasilkan musik menggunakan gerakan 2000 butir kelereng ini diciptakan oleh musisi asal Swedia, Martin Molin. Alat musik ini terbuat dari kayu yang memiliki jalur-jalur kelereng dan berinteraksi dengan drum, simbal dan sebuah vibrofon.

Sharpsichord, Musik Unik Tenaga Surya

Alat musik mirip kotak musik besar bertenaga surya ini diciptakan oleh Henry Dagg yang diberi julukan “Sound Sculptor”. Sharpsichord memiliki silinder yang berisi 11.520 lubang dan pin yang akan memutar musik.

Theremin

Untuk memainkan alat musik yang diciptakan Leon Theremin ini kamu tidak perlu menyentuhnya. Kamu hanya perlu untuk menggerakkan kedua tangan di sekitar antena logam alat ini yang dapat mendeteksi gerakan tangan pemain sehingga tercipta suara.

Sea Organ

Disebut Sea Organ karena memang letaknya yang ada dipinggir laut, tepatnya di Zadar Kroasia. Dengan memasang tubes di celah-celah anak tangga, gelombang ombak yang datang akan memenuhi rongga-rongga sehingga membuat tube-tube ini menghasilkan musik.

Aeolian Wind Harp

Alat musik mirip kecapi yang akan berbunyi akibat hembusan angin ini terbuat dari kotak kayu dengan string yang membentang. Posisinya seperti jendela yang agak terbuka, di mana angin akan bertiup dan otomatis meniup string yang akhirnya menghasilkan suara.

Alat Musik Sayuran

Sayuran ternyata tidak hanya untuk dikonsumsi, namun dapat juga disulap menjadi alat musik. Di Kota London bahkan telah memiliki orkestra dari sayuran, yaitu London Vegetable Orchestra yang memanfaatkan berbagai jenis sayuran segar, untuk dibentuk menjadi alat musik.

Singing Ringing Tree

The Singing Ringing Tree merupakan sebuah bangunan yang dapat mengeluarkan alunan lagu merdu dengan angin sebagai sumber tenaganya. Konstruksi pipa-pipa baja galvanis besar yang berlubang menyerupai sebuah pohon yang dibangun diatas area pegunungan Pennine, Burnley di Lancashire.

Zeusaphone

Zeusaphone adalah alat musik dari Yunani terbuat dari gulungan Tesla yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk menghasilkan gelombang musik berupa percikan yang terlihat seperti kilat dan dikendalikan dengan frekuensi.

Pyrophone Organ

Pada tahun 1873, Frederic Kastner mematenkan alat musik pyrophone yang juga dikenal dengan organ api atau organ ledakan. Sesuai namanya, alat musik ini menggunakan api sebagai salah sumber bunyinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *