YouTube Membuat Penjualan Musik FIsik Maupun Digital Merosot

 

Compusiciannews.com -Industri- Sepertinya Mp3, CD dan bahkan file-file musik digital sudah tertinggal lama sebagaimana para generasi muda saat ini lebih mendengarkan musik lewat website berbagi video YouTube dan layanan streaming Spotify, peneliti asal Finlandia melaporkan.

Secara Ekonomi, baik CD dan unduh Digital akan mati di kemudian hari, beberapa pakar berkata. Dalam sebuah survey lebih dari muda dewasa, tim dari Aalto University menemukan bahwa 76% dari responden mendengarkan musik dari YouTube setiap hari.

YouTube dan Spotify sejauh ini adalah sumber musik yang paling popular. YouTube dulunya adalah layanan musik yang paling sering digunakan untuk pencarian dan mendengarkan musik.

Bahkan pengguna Spotify aktif sering mengunjungi YouTube untuk melengkapi pilihan playlist. YouTube juga dianggap sebagai sumber musik yang paling mudah dibagikan oleh para pelajar Finlandia yang terlibat dalam studi berbasis internet.

 “Popularitas YouTube sangat besar. Hampir semua orang menggunakannya untuk mendengarkan musik,” kata peneliti terkemuka, Lassi A Liikkanen.

“YouTube telah mengubah dunia media digital dan melakukan proses mendengarkan musik. Untuk pertama kalinya, kami sekarang memiliki rekaman scientific dari perubahan besar yang telah terjadi,” Liikanen menjelaskan.

Studi ini menggambarkan sebuah transisi dari generasi pertama musik digital ke solusi generasi kedua, dari file unduh hingga streaming.

Bukan karena sekedar video, para peneliti percaya setidaknya dalam hal konteks mendengarkan lagu, video itu ada di posisi sekunder.

“Kami menjalankan percobaan untuk mengevaluasi ini dan telah menemukan bahwa peserta kami mengevaluasi pengalaman musikal serupa, tanpa adanya kaitannya dengan adanya gambar atau video. Hal ini membuat banyak pertanyaan untuk penelitian kedepan,” Liikkanen menunjukan dalam sebuah kertas yang muncul dalam interaksi jurnal dengan komputer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *