YouTube Menjadi Trend Baru Pengganti Layanan Streaming, Benarkah?

 

Compusiciannews.com -Industri- Akhir-akhir ini, single besar Wiz Khalifa dan Charlie Puth ‘See You Again,’ meraih milestone besar di YouTube sebagaimana video klip ini menjadi klip ke-10 yang dilihat 1 milyar kali. Google mengumumkan berita ini via post di trend blog YouTube dengan menyatakan video ini menghabiskan 184 hari untuk meraih milyaran view, berada di posisi kedua setelah ‘Gangnam Style’. Ini merupakan pencapaian besar, apalagi sebagai lagu rap pertama yang meraih spot  ini.

Dengan dirilisnya ‘See You Again’ yang kurang dari setahun, lagu ini sudah meraih 1 Milyar view. Namun ini sepertinya mengikuti trend dari jumlah view yang semakin meningkat di YouTube sejak ‘Gangnam Style’ di tahun 2012 menjadi video musik pertama yang meraih 1 milyar view dan kemudian diikuti oleh ‘Baby’ dari Justin Beiber dan hingga musim semi 2015, videro klip dari 2 penyanyi berbeda genre ini masih menguasai perolehan view, begitu tulis Kevin Allocca dari YouTube menulis.

Kevin mengacu pada fakta bahwa sejak bulan Juni tahun ini, terdapat 8 debut single yang telah bergabung dalam klub view elite milyaran ini. Jadi apakah club view yang besar itu menjadi sebuah ‘trend’ dalam dunia media sosial saat ini? Dengan 10 anggota saat ini yang menampilkan Katy Perry, Taylor Swift, Meghan Trainor, Mark Ronson dan Justin Beiber serta lima lainnya dalam satu chart perolehan view terbanyak, megindikasi bahwa trend ini sedang meluas.

Dengan melihat fakta yang ada, apakah kesuksesan video klip itu ditentukan dengan berapa jumlah view yang diperoleh di YouTube? Apakah trend streaming dapat tergantikan? Selain bangkitnya model streaming, trend saat ini menjadikan YouTube pemain terbesar dalam trend industri saat ini dimana banyak orang yang lebih suka melihat video musik dan mereka ingin melihatnya di YouTube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *