Akses YouTube Terbuka Bagi Penyandang Tunanetra

Compusiciannews.com -Distribusi- Jika anda mendengar namanya, You Tube For the Blind, mungkin anda akan mengira layanan ini produk dari situs streaming video YouTube.namun sebenarnya, layanan ini dibuat oleh perusahaan agensi digital, Think.Web. Mereka merasa perlu menghadirkan layanan ini dan layanan ini sendiri sudah dluncurkan pada pertengahan Maret 2015 silam.

Ramya Prajna S., Co-Founder Think.Web mengatakan bahwa proyek ini bermula dari rasa penasaran bagaimana para tunanetra menggunakan internet mulai dari browsing hingga menonton video yang terdapat di YouTube. Dari rasa penasaran tersebut akhirnya Ramya menemukan bahwa kaum tunanetra juga menggunakan YouTube, tetapi hanya menggunakan fungsi audionya saja. Ramya menambahkan:

Penyandang cacat fisik (tunanetra) itu ternyata suka menggunakan PC untuk mengakses internet agar tidak ketinggalan informasi. Mereka mengandalkan sebuah software untuk mengkonversi semuanya menjadi teks.

YouTube For The Blind pada dasarnya adalah situs yang menampilkan video-video populer di YouTube. Bedanya, video-video yang ditampilkan di situs ini memiliki fitur text to speech, untuk membacakan teks yang telah disertakan sebelumnya.

Teks yang ada di dalamnya bukan sekadar percakapan saja, melainkan deskripsi suasana yang ada di dalam video, seperti suasana lingkungan sekitar, ekspresi wajah tokoh dalam video, gerak-gerik, dan semua yang tidak bisa dilihat oleh penyandang tunanetra.

Sayangnya video yang ditampilkan masih sangat sedikit, total hanya 25 video yang terdapat di dalamnya. Ramya mengatakan bahwa hal ini terkendala minimnya relawan yang memberi deskripsi dan narasi dari video. Sejauh ini para relawan tersebut baru sebatas karyawan dari Think.Web.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *