Aplikasi Streaming Musik Jook Hadir di Indonesia

Compusiciannews.com -Distribusi- Industri layanan streaming musik di era digital ini sudah memasuki masanya, Spotify yang sudah memiliki 50 juta pengguna diprediksikan akan memiliki 100 juta pengguna di akhir tahun dan ditambah perilisan Apple Music, yang menuai sekitar 6,5 juta pengguna berbayar dan 11 juta pengguna keseluruhan yang sebelumnya mendaftar untuk menikmati program free-trial selama 3 bulan. Dan karena itulah salah satu startup membangun platform musik streaming yang bernama Joox Music yang telah dirilis pada 20 Oktober lalu. Apa saja keunggulan dari aplikasi layanan streaming ini? Berikut ini detailnya

1. Hadirkan sensasi karaoke

Tentu kamu penasaran apa yang menjadi fitur unggulan dari Joox. Manager Konten Joox Indonesia, Girindra Prabowo, mengatakan bahwa layanan streaming musik ini mengusung fitur layaknya mesin karaoke dengan nama Lyrics.

Terkadang pengguna lupa lirik lagu yang tengah mereka dengarkan. Dengan Lyrics, setiap kata akan di-highlight sesuai dengan pengucapan solois atau band-nya.

Joox sendiri diklaim memiliki konten jutaan lagu yang terus diperbarui secara berkala. “Untuk jumlah persisnya rasanya sulit untuk dihitung. Yang pasti hampir semua genre dari mulai musik mainstreamindie, sampai musik tradisional dan lagu daerah ada di dalamnya,” lanjut Girindra.

Terkait kualitas audio, Girindra mengatakan Joox memiliki berbagai opsi kualitas. “Karena Indonesia koneksi internetnya masih belum stabil, maka ada empat pilihan audio yang bisa didengarkan. Paling tinggi adalah kualitas HD dengan ukuran file sampai 10 MB,” paparnya.

Selain itu, cukup banyak fitur yang diusung Joox. Mulai dari Offline Play, ketika internet sedang tidak bersahabat namun kamu ingin mendengarkan musik, Timer yang dirancang agar aplikasi akan secara otomatis tertutup ketika pengguna tidur, sampai Radio, yang berisi playlist hasil kurasi para profesional di industri musik tanah air. Konten-konten lain yang telah dikurasi juga bisa kamu temukan melalui fitur Professional Editor’s Pick.

Uniknya, meski Joox adalah sebuah layanan streaming, kamu juga bisa menggunakannya sebagai music player. “Semua file musik yang ada di perangkat kamu akan masuk ke Joox bila kamu memilihnya sebagai music player,” lanjut Girindra.

2.     Invasi ke negara ketiga

Sebelumnya, aplikasi besutan Tencent ini hadir terlebih dahulu di Hong Kong dan Malaysia. Menurut Director of Business Development Tencent, ada alasan tersendiri mengapa pihaknya cukup pede membawa Joox ke Indonesia.

Di dua negara tersebut, label lokal maupun internasional memberikan dukungan, dan di Indonesia label seperti Universal Music, Warner Music, Musica Studio, dan Trinity Production, terbilang antusias dalam menyambut hadirnya Joox di Indonesia. Kami yakin bisa memberikan pengalaman menikmati musik yang berkualitas dengan legal dan aman.

Selain kerja sama dengan sejumlah label rekaman dan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI), para musisi juga mendapat kemudahan jika ingin karya mereka bisa dinikmati melalui Joox. “Tidak harus dengan label yang bekerja sama dengan Joox. Siapa pun bisa mengirim langsung karyanya,” tutur Girindra.

Terkait monetisasi, Joox menggunakan sistem premium. “Harga untuk menggunakan fitur ini adalah Rp49.000 per bulan,” jelas Yovanita Cicilia selaku Chief Marketing Officer, MNC Tencent. Sayangnya, pihaknya tidak membocorkan bagaimana detail sistem kerja sama yang mereka lakukan bersama label dan musisi. “Pastinya kami menawarkan solusi yang sama-sama menarik dan menguntungkan,” tandasnya.

Layanan ini sudah tersedia di 2 platform, yaitu di Google Play Store untuk Androidm dan Apps Store untuk iOS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *