Deezer Luncurkan Fitur Elite untuk Streaming Kualitas High-Def

Compusiciannews.com -Distribusi- Dalam peperangan global untuk supremasi audio streaming, audio dengan kualitas high-definition mewakili secara relative sebuah medan perang yang kecil. Namun sejumlah perusahaan berlomba-lomba untuk para pelanggan yang ingin menikmati kualitas audio yang lebih baik dengan membayar premium.

Terbaru hadir pada  hari Selasa (10/02) lalu saat Deezer melakukan ekspansi produk Deezer Elite-nya ke Eropa, Amerika Latin, Asia Pasifik dan Kanada. Perusahaan ini mengumumkan pada para pendengar yang sudah ada pada Sonos khususnya di hari Selasa kemarin dimana mereka dapat memperbarui atau upgrade ke Deezer Elite dengan harga lama namun dengan komitmen 1 tahun. Dan harga untuk  pengguna baru akan diumumkan di bulan Maret nanti.

Deezer Elite menawarkan track library sebanyak 35 juta untuk Streaming di FLAC, atau Free Lossless Audio Codec, file dengan standar 1,411 kbpps atau lebih tinggi melalui speaker dan komponen Sonos. Sebuah kualitas tipikal untuk download store atau layanan streaming adalah 320 kbpps. Tentunya, pertanyaan bersyaratnya adalah Apakah para pelanggan ingin produk streaming dengan kualitas tinggi? Jika begitu, seberapa besar atau seberapa kecil segmen ini bagi para pendengar?

Layanan streaming yang telah memiliki 6 juta pelanggan di seluruh dunia ini berkata bahwa Deezer Elite, dengan bantuan dari mitra kerjanya dengan Sonos yang telah memiliki 200.000 pengguna, baik itu free trials maupun yang mengambil subskripsi di Amerika Serikat sejak peluncurannya di bulan September, mengaku bahwa Kemitraannya dengan Sonos tidak diragukan telah membantu Deezer mencapai angka 6 juta pengguna itu.

Informasi yang dirilis oleh Deezer menyarankan pendengar audiophile-nya aktif dan melihat dengan jeli. Deezer berkata pengguna Elite memiliki hampir 2 kali Listening time seperti pada pendengar Deezer lainnya. Sebuah survey internal pengguna Deezer Elite dan ditemukan diatas 90% percaya sound dengan kualitas tinggi penting dan 65% lainnya berkata mereka tidak akan kembali ke file MP3.

Ekspektasi tinggi hadir dengan harga yang lebih tinggi pula. Para Audiophile akan diharapkan untuk membayar lebih. Harga standar untuk streaming “High-def” itu sekitat US$19.99 per bulan, standar ganda dari layananan streaming subskripsi, meskipun diskon promosi dapat menekan harga di tahun pertama. Bagi pengguna Deezer yang sudah memiliki ID dapat meng-upgrade dan membayar dengan harga standar selama 1 tahun penuh, yaitu sebesar US$9,99. Di bulan Maret nanti, pengguna Deezer Elite yang baru dapat memperoleh Free Trial selama sebulan.

Sebuah perubahan ke kualitas audio tinggi merupakan sebuah arah yang masuk akal untuk industri musik yang sedang mencari penerimaan digital yang baru. Musik digital era pertama atau MP3 Download, telah mendorong para pelanggan untuk menempatkan kenyamanan mereka dengan kualitas suara. Namun Download atau unduhan saat ini juga ikut turun seperti pada penjualan CD. Layanan streaming diperkirakan dapat membangkitan kemunduran itu dan untuk sebagian besar, beberapa layanan ini telah menutup lubang kemunduran. Menurut Nielsen Music, konsumsi musik keseluruhan menggabungkan penjualan unit dengan kegiatan streaming mengalami penurunan hanya 2% tahun lalu.

Para Audiophile mungkin terjebak dengan CD atau Vinyl, namun mereka saat ini ditawari dengan sesuatu yang belum pernah mereka dapat sebelumnya. Neil Young, pencetus Pono Player telah mengubah dirinya menjadi “Audiophile Evangelist” dengan layanan unduh Pono dan player portablenya.

Tidal diluncurkan baru-baru ini dengan layanan streaming yang berkualitas high-def yang diluncurkan oleh Aspiro AB yang rencananya akan dibeli oleh penyanyi Hip-hop yang baru saja memenangkan penghargaan katagori Best RnB Performance di ajang Grammy Awards 2015, Jay Z. dan hari Senin lalu, Perusahaan manufaktur Jepang Onkyo mengkespansi download storenya ke Amerika Serikat, Inggris Raya dan Jerman.

 “Terdapat begitu banyak momentum terjadi dalam dunia streaming dan akan terus semakin membaik bagi pecinta musik,” kata CEO Sonos John Mcfarlane dalam pernyataannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *