iRing, Kendalikan Gadget Tanpa Sentuhan

 

 

CompusicianNews.com – Gadget – IK Multimedia, perusahaan pengembang aksesori dan aplikasi kreasi musik untuk iPhone, iPad dan iPod Touch memperkenalkan teknologi terbarunya yaitu iRing.

iRing merupakan pengendali berbasis rekam gerak pada aplikasi musik di iOS yang pertama. Dengan kemunculan alat canggih ini musisi dan para pengguna produk Apple seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch dapat mengendalikan efek suara dan parameter lainya tanpa perlu menyentuh layar gadget mereka.   

iRing memanfaatkan cincin yang dapat dipakai siapa saja dengan marker yang dapat diidentifikasi, kamera depan, dan kecanggihan lainnya untuk menentukan posisi cincin marker, melacak gerakan dan posisi pada ruang 3 dimensi didepan perangkat. System ini menyediakan perangkat yang menggunakan rekam gerak yang akurat dan terjangkau untuk semua penggunanya.

Pengendali iRing ini sangat ringan serta terdapat marker pada dua sisinya sehingga pengguna dapat menggunakannya diantara dua jarinya, sangat nyaman dipakai ketika mengoperasikan instrument musik atau musik tradisional lainnya.

Pada setiap cincin terdapat titik-titik sejajar pada satu sisinya dan titik berpola segitiga pada sisi yang lain. Kamera depan merekam keberadaan titik tersebut dan aplikasi akan merubahnya informasi tersebut menjadi perintah sehingga aplikasi musik dapat membacanya. Sehingga dengan demikian pengguna dapat mengoperasikan 6 parameter musik yang bisa dikendalikan sekaligus.

Meskipun sebelumnya sudah ada penemuan yang menggunakan kamera untuk melacak keberadaan posisi tangan, nyatanya tidak bisa digunakan di dunia nyata karena banyak variable yang terlibat dalam proses pengenalan benda sehingga masih sulit untuk dikembangkan. Namun iRing memberikan solusi atas masalah tersebut dengan memberikan metode pendeteksian yang akurat.

Dengan Aplikasi iRing Music Maker, para pecinta musik mendapatkan cara baru yang lebih menyenangkan untuk membuat musik dengan tangan mereka. Pengguna cukup membuka aplikasi dan menggunakan iRing controller untuk merubah beat, mengontrol irama, synth bagian lagu tertentu dan memberikan efek tertentu. Sehingga menciptakan musik akan sangat menyenangkan. Perangkat canggih ini akan dilaunching pada kuarta pertama tahun ini dengan harga yang relatif murah yaitu 24 dollar Amerika. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *