Jumat, 20 Juli 2018

Music Technology Lifestyle

Musik Masa Kini Lebih Murung, Ini Alasannya

Penulis :
Kamis, 17/05/2018 14.03.38 | Dibaca: 155




Musik Masa Kini Lebih Murung, Ini Alasannya

psychologytoday.com


Compusiciannews.com -Sosial Budaya- Mendengarkan musik pasti telah menjadi hal yang tak bisa lepas dari kegiatan kita sehari-hari. Musik memang mampu membuat apapun yang kita lakukan menjadi lebih menyenangkan. Namun sebuah penelitian membuktikan bahwa musik di tahun 2015,  20% lebih murung dibanding era 1980-an.

Kelompok Peneliti Universitas California, Irvine, menganalisis lebih dari setengah juta lagu yang dirilis di Inggris Raya dalam kurun waktu 30 tahun untuk menilai bagaimana musik telah berubah dari waktu ke waktu. Para peneliti menemukan fakta bahwa lagu-lagu saat ini tidak lebih gembira atau ceria daripada beberapa dekade lalu. Penemuan tersebut didasarkan pada rumus matematika yang digunakan untuk menilai berbagai macam elemen seperti tempo, ritme, dan kunci mayor atau minor.

Ini merupakan sebuah proyek lanjutan dari penelitian sebelumnya yang mengungkap bahwa lirik lagu saat ini lebih banyak menceritakan tentang isolasi sosial dan kesendirian.

Penulis utama Universitas California, Dr. Natalia Komarova, menjelaskan, “Alasanku memulai penelitian ini adalah karena saat itu aku sedang mendengarkan lagu yang diputar oleh putriku yang berusia remaja dan aku berpikir, apa yang terjadi pada musik sekarang?”

Para peneliti menelaah rata-rata per tahun dari 600 lagu yang masuk dan 16.000 yang tidak masuk tangga lagu sejak 1985 hingga 2015, dikategorikan melalui kriteria “senang”, “sedih”, dan “ceria”.

Hal ini dapat dibuktikan secara musikal, contohnya, lagu yang sedih biasanya memiliki tempo yang cenderung lebih lambat dan berdasar pada kunci minor. Dari skala “sangat gembira” hingga “sangat sedih”, lagu sekarang turun sebanyak 20% selama tiga dekade.

Namun perlu dicatat bahwa penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Royal Society Open Science tersebut hanya baru berdasar pada musik saja, tanpa memperhatikan lirik.

Dr. Komarova menyebutkan bahwa sebagian faktor penyebab fenomena musik murung ini terletak pada kebahagiaan yang di zaman ini lebih sering diasosiasikan dengan sosial media, sementara isolasi sosial pada anak muda masa kini hanya bisa diungkapkan lewat musik.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda