Jumat, 20 Juli 2018

Music Technology Lifestyle

Penelitian Buktikan Hiu Suka Musik Jazz

Penulis :
Senin, 14/05/2018 13.40.18 | Dibaca: 175




Penelitian Buktikan Hiu Suka Musik Jazz

phys.org


Compusiciannews.com -Sains- Baru-baru ini, sebuah penelitian oleh Macquarie University Fish Lab, Australia, menunjukkan bahwa hiu menyukai musik jazz. Beberapa bayi hiu Port Jackson (Heterodontus portusjacksoni) dipilih sebagai subyek penelitian.

Para peneliti melatih bayi-bayi hiu Port Jackson untuk mengasosiasikan musik dengan makanan. Ketika diperdengarkan musik jazz, hiu-hiu tersebut memahami bahwa ada makanan yang menanti mereka, maka mereka bergerak menuju  feeding station (bagian dari akuarium yang digunakan khusus untuk memberi makan hiu).

Tentu ada alasan yang logis di baliknya. Ketika mangsa hiu hampir mati, pergerakan tubuh mangsa tersebut seakan menyerupai ritme yang mirip dengan staccato (artikulasi atau sifat nada yang dibunyikan secara singkat (Hari Purwanto : 2009), yang mana juga sering ditemukan pada musik jazz.

Catarina Vila-Pouca, seorang penulis utama dari Departemen Ilmu Biologi Macquarie University, menjelaskan, “Bunyi-bunyian sangat penting bagi binatang air. Bunyi mampu merambat dengan baik di dalam air dan ikan-ikan menggunakannya untuk menemukan mangsa, tempat bersembunyi, hingga berkomunikasi satu sama lain,”.

Beberapa hasil dari pengamatan langsung juga mengungkap fakta bahwa hiu dapat mengasosiasikan bunyi mesin kapal dengan makanan. Hal itu juga didukung oleh sejumlah bukti bahwa hiu dapat dengan cepat belajar mengasosiasikan hal satu dengan lainnya..

Lektor Kepala Departemen Ilmu Biologi dan Ketua The Fish Lab, Culum Brown, menyebutkan dalam penelitian tersebut hiu tampak kebingungan membedakan antara musik jazz dengan musik klasik.

“Sudah jelas hiu-hiu tersebut tahu mereka harus melakukan sesuatu ketika musik klasik diperdengarkan, tapi masih belum mampu memastikan apakah mereka harus pergi ke lokasi yang berbeda,”.

Brown menambahkan, “Tugas itu (membedakan bunyi musik jazz dan klasik) lebih sulit dari kedengarannya karena para hiu harus belajar bahwa lokasi yang berbeda diasosiasikan dengan genre musik yang berbeda pula, yang mana kemudian akan digabungkan dengan reward berupa makanan.”

Vila-Pouca berharap penelitian The Fish Lab mampu menemukan lebih banyak tentang kemampuan belajar hiu.

"Secara umum, kemampuan belajar hiu dianggap rendah. Kebanyakan orang menganggap hiu sebagai hewan yang berpikiran pendek dan instingtif, namun hiu memiliki otak yang besar dan jelas lebih cerdas dari yang selama ini kita duga,”

Sebelumnya, di tahun 2015 sebuah penelitian menunjukkan hiu menyukai musik heavy metal dengan alasan yang sama seperti mereka menyukai musik jazz.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda