Recording Audio Dengan Mixcraft 7

<class=”wp-image-1145″/>

 

 

Compusiciannews.com -DAW- Pada artikel sebelumnya ditulis mengenai pembuatan project mixcraft melalui media library. Dan pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara merekam audio pada Mixcraft 7. Berikut langkah-langkahnya:

1. Memilih Audio Driver

Audio Driver adalah software “pengantara” untuk menghubungkan perangkat keras anda dengan Mixcraft. terdapat 3 pilihan yaitu WaveRT, ASIO, Wave. Bila anda belum mengerti cara setup audio driver, anda bisa membaca pada link ini.

2. Klik Tombol “Arm”

Untuk mengaktifkan track yang akan anda rekam, klik tombol “Arm” pada track tersebut.

3. Memilih Recording Input

Mixcraft mengijinkan anda merekam audio dari beberapa input secara bersamaan. Untuk memilih input audio, anda tinggal klik arah panah yang berada di sebelah tombol “Arm”, kemudian akan muncul daftar input audio seperti gambar berikut.

Pilihlah perangkat yang anda gunakan sebagai input, kemudian pilih Stereo/Mono.

Note: Anda harus teliti dalam memilih Stereo/Mono input untuk efektivitas, karena anda tidak perlu memasukan mono input ( lead vocal, bass, gitar,dll) dengan memilih stereo input.

4. Mengatur Level Volume Input

Bila anda mengaktifkan tombol “arm” pada sebuah track, maka volume slider pada track tersebut akan berubah menjadi merah.

Aturlah level volumenya, jangan sampai berwarna merah, usahakan level volume hingga berwarna kuning saja untuk hasil recording yang baik.

5. Tekan Tombol Recording

Setelah langkah 1-4 selesai, sekarang untuk mulai merekam audio klik tombol Record yang ada pada panel di bagian tengah.

6. Merekam Beberapa Track Secara Bersama

Untuk merekam beberapa track secara bersama caranya cukup mudah, yaitu anda tinggal mengaktifkan track tersebut dengan klik tombol “arm” dan pilihlah inputnya. Misal pada contoh dibawah ini kita merekam 2 track secara bersama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *